Sabtu, 19 Mei 2012

Malioboro di pagi hari


Patung di ujung Jl Malioboro

Pagi itu sebelum berangkat ke Gunung Kidul (yang menjadi tujuan utama saya ke Jogja), saya sempatkan jalan-jalan ke kawasan Malioboro yang merupakan icon Jogjakarta. Sehingga rasanya belum sah ke Jogja kalau belum mengunjungi kawasan Malioboro.

ala back packer
Malioboro sejatinya adalah jalan yang merupakan pusat kota Jogjakarta. Di jalan ini berdiri pertokoan, perkantoran. Selain itu juga banyak pedagangan kaki lima  menghiasi sepanjang jalan ini  yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja sehingga menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi .

Malioboro terletak kurang lebih 1 km dari keraton Jogjakarta. Di ujung Selatan dari kawasan ini, terdapat Pasar Beringharjo yang juga dikenal dengn sebutan 'Pasar Gede. Di ujung Utara terdapat juga Benteng Vredeburg yang dulunya merupakan benteng pertahanan Belanda dari serangan pasukan Kraton. Persis di depan benteng vredeburg terdapat halte bis trans Jogja, jadi memudahkan bagi kita jika ingin pergi ke tempat lain setelah dari Malioboro. Diseberang benteng ini ada Istana Negara pada masa pemerintahan Presiden Soekarno saat ibukota negara dipindahkan ke Jogjakarta.

Pada kesempatan pagi ini saya menyempatkan membeli sarapan di sekitar jalan malioboro. Dan pilihan saya adalah nasi pecel dengan lauk pauk ayam goreng yang sangat heemm....

Sarapan di Jalan Malioboro
Menjelang malam banyak penjual makanan lesehan yang mengelar dagangannya di sini menggantikan para pedagang kaki lima. Jadi bisa dikatakan mulai pagi hingga malam jalan malioboro tidak pernah sepi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar