Selasa, 21 Juni 2011

Gili dengan Nuansa Pesta......Gili Trawangan

Di Sebelah barat laut Lombok ada tiga gili yang menjadi icon wisata gilis di P Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Diantara ketiga gili tersebut yang paling luas dan terkenal adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan memiliki sarana dan prasarana wisatawan yang sangat memadai. Berbagai kelas hotel dan penginapan ada di sini jadi tinggal menyesuaikan dengan bugjet liburan yang dimiliki. Di Gili Trawangan dan juga dua gili yang lain, kendaraan bermotor tidak diperbolehkan beroperasi di sini. Untuk mengunjungi gili-gili tersebut ada perahu boat publik.Sedangkan untuk mengelilingi gili menggunakan sepeda dan kendaraan khas lombok yaitu cidomo yang disewakan.
CIDOMO
Cidomo sendiri berasal dari kata CI yaitu Cikar, DO yaitu Dokar dan MO yaitu Mobil. Jadi Cidomo adalah jenis transportasi yang seperti Cikar (cikar ditarik oleh sapi) tapi karena ditarik menggunakan keledai maka disebut Dokar dan roda yang digunakan adalah roda Mobil.
Untuk menuju ke Gili Trawangan bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umun dengan rute Mataram - Rembiga - Pamenang dan dilanjutkan dengan naik perahu motor publik dari pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Mataram menuju Bangsal bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Dalam perjalan dari Mataram menuju Bangsal kita akan meliwati daerah pegunungan yang sangat segar udaranya. Dan salah satu daerah pegunungan yang sangat terkenal adalah Pusuk. Pusuk adalah kawasan hutan gunung Rinjani yang berudara sejuk dan disini terdapat ratusan monyet yang hidup liar.
Setelah kurang lebih 1 jam naik perahu motor dari pelabuhan Bangsal, air yang jernih dan pantai berpasir putih akan menyambut kedatangan kita. Setelah melapor kepada petugas pantai dan diminta tanda pengenal kita untuk dicatat, mulailah kita dapat menikmati keindahan Gili Trawangan. Jika ingin mengililingi gili Trawangan ada sepeda atau cidomo yang dapat disewa. Sepanjang tepi pantai juga banyak terdapat cafe-cafe yang jika malam selalu ada party untuk para wisatawan yang menginap di Gili Trawangan. Jadi jika ingin duduk-duduk di tepi pantai tidak perlu kuatir. Air yang jernih membuat saya tidak bisa menahan diri untuk segera snorkeling. Di sini banyak rental peralatan snorkeling maupun dive center bagi yang ingin diving.


Seperti snorkeling di berbagi pantai jangan lupa untuk membawa remahan roti guna memberi makan ikan di laut. Di Gili Trawangan juga banyak travel yang mengadakan paket snorkeling keliling tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dengan tarif 75K, jadi cukup ekonomis karena bisa mengelilingi tiga gili tanpa harus menginap.





Di Gilli Trawangan juga terdapat pusat konservasi penyu. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air merupakan pantai tempat mendaratnya penyu untuk bertelur. Dan Penyu ini merupakan hewan yang dilindungi jadi untuk menjaga kelestariannya dilakukan konservasi penyu. Setiap masa bertelur pihak balai konservasi akan memindahkan telur penyu untuk ditetaskan, dan setelah cukup umur tukik (anak penyu) akan dilepaskan ke laut..................Pantaiku..........Indonesiaku,, mari kita jaga bersama.

Senja di Gili Trawangn

Senja di Gili Trawangn

Senja di Gili Trawangn

Sun Rise di Gili Trawangan

Sun Rise


Tidak ada komentar:

Posting Komentar