Jumat, 10 Juni 2011

Tulamben, Bercengkrama dengan Ikan

wreck
Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan KubuKabupaten KarangasemBali. Tulamben berjarak kurang lebih  102 km dari Denpasar dan 25km dari Amlapura. Untuk menuju obyek wisata ini sangatlah mudah karena letaknya yang di pinggir jalan sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan umum.  Tulamben lebih menonjolkan wisata diving dan snorkeling. Karena disini terdapat bangkai kapal (WrecK) USS Liberty Army yang tenggelam pada tahun 1942.

Letak wreck yang sangat dekat dengan enter point yang berjarak hanya sekitar 20 M menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin diving ataupun snorkrling. Sebelum mencapai wreck,  kita akan disambut oleh ratusan ikan hias yang sangat jinak. Ikan-ikan ini datang bergerombol seakan-akan mengucapkan selamat datang kepada kita dan mengajak kita untuk bercanda di dunia laut. Jika sedang beruntung kita akan dapat menjumpai kumpulan ikan-ikan yang menyerupai ikan tongkol yang berenang dengan membentuk formasi lingkaran dan jika kita memang benar-benar beruntung kita akan dapat berenang di tengah lingkaran ikan tersebut. Jadi jika diving atau snorkeling jangan lupa membawa potongan roti yang dimasukan di dalam botol air mineral, maka ikan-ikan yang jinak tersebut akan mengerubuti kita berebut roti yang kita bawa. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan. 
bercanda bersama ikan

Kejutan dunia bawah laut tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Setelah kurang lebih 20M dari enter point kita akan dapat melihat bangkai kapal USS Liberty Army. Sungguh keindahan yang luar biasa. Bangkai kapal yang telah berumur kurang lebih 69 th berubah mejadi sorga bagi penghuni laut Tualamben.Bangkai kapal ini membujur utara-selatan. Panjangnya 120 meter. Bangkai kapal ini sudah dipenuhi tumbuhan-tumbuhan laut. Jika lihat dengan seksama kita masih dapat melihat bentuk buritan dari kapal ini. Di sekeliling kapal ini juga banyak dijumpai ikan hias yang warna warni.

Jika ingin diving disini banyak terdapat dive center yang siap melayani wisatawan. Bagi yang berangkat dari Denpasar atau Kuta di sana juga banyak dive center yang melayani wisata diving ke Tulamben. Rata-rata harga yang dipatok dive center 400-500K untuk 2 kali dive plus equipment disertai dive master, makan siang dan transportasi pulang pergi Denpasar Tulamben. Bagi yang tidak bernyali untuk dive bisa melakukan snorkeling, disini juga tersedia penyewaan alat snorkeling hanya dengan 40K. Jika belum puas menikmati keindahan bawah laut Tulamben, kita bisa menginap di sekitar Tulamben. Di sini tersedia berbagai macam tipe penginapan, mulai dari yang mahal hingga yang ekonomis ada. Misalnya di Hotel Puri Mada yang letaknya persis di bibir pantai memiliki kamar yang paling ekonomis dipatok 100K. Hotel Puri Mada juga terdapat dive center yang siap melayani para wisatawan. Sungguh keindahan yang sangat menakjubkan, dan tempat ini sangat disarankan untuk dikunjungi.
memberi makan ikan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar