Minggu, 12 Juni 2011

Pulau Menjangan, Eksotisme Taman Nasional Bali Barat

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat P Bali tepatnya di desa Sumber Klampok kecamatan Gerograk. Pulau Menjangan ini sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat, yang terletak di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat. Untuk mencapai tempat ini bisa diakses melalui Singaraja dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam dari Denpasar. 

Keindahan bawah lautnya yang sangat mempesona menjadikan kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan asing khususnya para divers. Konon katanya terumbu karang di sini merupakan salah satu yang terbaik di dunia....sungguh begitu kaya alam Indonesia kita, jadi knapa kita harus jauh-jauh ke luar negeri kalau negara kita sendiri tidak kalah menarik dengan negara lain.

Untuk bisa menuju P menjangan harus naik boat kurang lebih 30 menit dari Labuhan Lalang atau bisa juga melalui Labuhan Banyu Wedang. Oh ya sekilas tentang Labuhan Banyu Wedang diberi nama demikian karena di sini terdapat sumber air panas, dan banyak dikunjungi wisatawan yang ingin memanjakan diri dengan berendam di kolam air panas. Sewa boat untuk menuju P Menjangan sekitar 300K dengan kapasitas 10-12 orang penumpang. Karena P Menjangan termasuk Kawasan Taman Nasional Bali Barat jadi jika ingin melakukan diving atau snorkeling harus ijin ke dinas terkait dan membayar tiket masuk sebesar 2.5K untuk wisatawan lokal dan 25K untuk wisatawan asing. Selain itu juga harus didampingi tour guide ( jasa tour guide 75K) agar jika melakukan snorkeling tidak menginjak terumbu karang yang ada dan boat tidak melempar jangkar sembarangan yang dapat merusak terumbu karang.

Setelah kurang lebih 20 menit diatas boat kita akan disambut oleh berbagai macam ikan dan coral yang warna-warni yang bisa kita lihat dengan jelas dari atas boat seolah-olah mengucapakan selamat datang kepada kita. Air yang jernih semakin membuat kita untuk tidak sabar  segera mencebur ke laut dan bercanda dengan ikan-ikan yang lucu. Sungguh eksiotisme dunia bawah laut yang tak terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar