Minggu, 12 Juni 2011

Tabuhan, Pulau yang Terabaikan di Jawa Timur

Pulau Tabuhan terletak di Selat Bali. Pulau Tabuhan masuk wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Pulau Tabuhan memiliki luas kurang lebih 5 hektar dengan dikelilingi pantai yang berpasir putih.

Untuk menuju Pulau Tabuhan harus menggonakan boat yang bisa diewa di sekitar pantai Kampe dengan tarif 500K untuk penyeberangan pulang pergi. Jadi disarankan jika ingin ke P Tabuhan sebaiknya berangkat pagi agar bisa puas menikmati P Tabuhan.

Pulau Tabuhan adalah pulau kosong yang tak berpenghuni. Begitu menapakkan kaki di P Tabuhan kita akan disambut dengan hamparan pasir  putih yang mengelilingi seluruh pualau dengan air laut yang sangat jernih. Menjadikan tempat ini cocok untuk sun bathing atau sekedar berenang di pinggir pantai. Air yang sangat jernih membuat saya ingin sekali menengok keindahan bawah lautnya. Dengan snorkeling dapat saya liat banyak terumbu karang yang telah mati, sungguh amat disayangkan. Sebenarnya P Tabuhan sangat potensial sebagai tempat wisata pantai maupun wisata bawah laut, tapi sayang Pulau ini kurang dirawat. Banyak nelayan yang melakukan pengeboman sehingga merusak ekosistem laut. Pemerintah sudah menanam media untuk tumbuhnya terumbu karang tapi karena adanya pengeboman jadi terumbu karang mati semua. Padahal kalau dikelola dengan baik pasti P Tabuhan tidak akan kalah keindahannya dengan P Menjangan.
Di Pantai Kampe sendiri ada sekelompok nelayan ikan hias. Di sini nelayan mulai sadar akan potensi wisata pesona bawah laut. Mereka memulai budidaya terumbu karang dan ikan hias. Tapi lagi-lagi LSM dari luar negeri yang mengajari mereka cara menanam terumbu karang. Mudah-mudahan nelayan di Kampe dan P Tabuhan mulai sadar manfaat terumbu karang dan kelak anak cucu kita bisa mendapatkan manfaatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar