Sabtu, 11 Juni 2011

Karimunjawa, eksotisme bawah laut di P Jawa

P Karimunjawa
Karimunjawa terletak di laut Jawa yang berlokasi sekitar 45 mil arah barat laut kota Jepara Jawa Tengah. Kepulauan ini secara administratif merupakan kecamatan dari wilayah kabupaten Jepara. Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan dengan luas teritorial 107.225 ha, sebagian besar berupa lautan (100.105 ha) dan luas daratannya sendiri adalah 7.120 ha. Karimunjawa terdiri atas 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenghuni. Pulau yang sudah berpenghuni adalah Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Pulau-pulau yang sering dikunjungi para wisatawan karena keindahan alamnya antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam. 

Karimunjawa dapat ditempuh dengan menggunakan KM Ekonomi Muria dan KM cepat Kartini dari pelabuhan Kartini Jepara. KM Muria memakan waktu sekitar 6 jam untuk sampai di Karimunjawa. Jika menggunakan KM Ekonomi Muria disarankan berangkat lebih awal karena tempat duduk berebut, dan jika tidak dapat tempat duduk terpaksa duduk di atas dek, jika panas kepanasan dan jika hujan akan kehujanan. Jika menggunakan KM Cepat Kartini hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai di Karimunjawa. KM Cepat Kartini menyediakan kelas penyeberangan bisnis dan eksekutif. Untuk lebih jelasnya tentang jadwal penyeberangan dan harga tiket dapat menghubungi :
- KMC Kartini I
Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Propinsi Jawa Tengah
Jalan Pamularsih no.28 Semarang
Telepon (+62-24)7602952
Fax (+62-24)7622536
- KMP Muria
PT ASDP cabang Jepara
Jalan Kolonel Sugiono no.290 Jepara
Telepon (+62-291)591048.
Anemon dan Clown fish
Keaneka ragaman hayati di kepulauan karimunjawa yang sangat mempesona menjadikan pulau ini dijadikan sebagai Taman Nasional Laut. Keindahan alam yang masih sangat perawan menjadikan Karimunjawa banyak dikunjungi wisatawan. Pasir putih dengan pantai yang bersih serta terumbu karang yang indah dan ikan yang beraneka ragam menjadikan keindahan bawah laut karimunjawa sebagai magnet para wisatawan. Garis pantai yang panjang dan berpasir putih menjadikan kep. karimunjawa sebagai tempat yang nyaman untuk sun bathing. Bagi anda yang berlibur di Karimunjawa ada berbagai aktifitas alam bisa dilakukan guna mengusir kepenatan rutinitas kerjaan selama ini, diantaranya adalah:
1. Diving
Bagi anda yang telah menyukai olah raga ekstrim ini bisa mencoba diving di Karimunjawa, di sini ada dive center yang siap mengantar wisatawan mengunjungi spot-spot dive yang memukau.
2. Snorkeling
Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut dengan biaya yang lebih murah, bisa melakukan snorkeling. Di Karimunjawa sendiri banyak terdapat biro-biro yang menyediakan paket-paket untuk mengeksplor keindahan Kep Karimunjawa. Dengan mengikuti paket ini biaya untuk eksplor Karimunjawa jadi lebih ekonomis. Biro-biro ini juga menyediakan persewaan alat snorkeling lengkap disertai life jacket buat anda yang tidak bisa berenang. Snorkeling dapat dilakukan di P Menjangan kecil, P Menjangan besar, P Cemara kecil, P cemara besar dan P tanjung Gelam. Anda juga akan bisa menjumpai gosong jika laut sedang surut.
3. Sun Bathing
Kondisi pantai yang berpasir putih dan air yang jernih serta garis pantai yang panjang menjadikan hampir semua kep. yang ada di Karimunjawa cocok untuk dijadikan tempat berjemur. 
4. Glass Bottom Boat
Bagi yang tidak mau berbasah-basah untuk menikmati keindahan bawah laut karimunjawa, disediakan kapal dengan dasar kaca yang memungkinkan untuk melihat keindahan bawah laut dari atas kapal.
5. Memancing
Bagi anda yang hobi memancing bisa dilakukan di sekitar pulau Menjangan Besar dan Kecil, pulau Tengah, pulau Kemujan, pulau Parang, sekitar pulau Kembar, dan sebelah barat pulau Bengkoang. Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan ikan kakap merah yang cukup besar.
6. Mengunjungi penangkaran Hiu, Penyu dan berbagai Ikan Hias
Di P Menjangan Besar ada kolam laut tempat penangkaran hiu, penyu dan ikan hias. Di sini kita bisa mencoba memacu adrenalin dengan berenang bersama hiu, tapi anda tidak perlu kuatir karena hiu di sini masih kecil dan jinak.

P Tanjung Gelam
Mengeksplor keindahan kepulauan Karimunjawa tidak cukup dilakukan 1 hari saja. Karena letaknya yang cukup berjauhan antara pulau yang satu dengan yang lain sehingga paling tidak membutuhkan waktu minimal 3 hari agar puas menikmati keindahan P Karimunjwa. Anda tentunya juga tidak usah kuatir karena di P Karimunjawa banyak terdapat penginapan. Mulai dari jenis pondok tinggal ( merupakan rumah penduduk yang disewakan menjadi semacam home stay), wisma, pondok apung, sampai hotel tersedia di sini. Dan harga yang ditawarkan cukup bervariasi mulai 40K hingga 500K. Untuk makan anda juga tidak perlu kuatir karena di P karimunjawa sendiri banyak terdapat warung yang menyediakan berbagai macam makanan. Jika malam tiba terutama pada hari sabtu, alun-alun yang juga merupakan pusat kecamatan di karimunjawa sangat ramai dikunjungi masyarakat sekitar. Di situ banyak terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan dan juga wahana mainan untuk anak-anak. Jadi bagi anda yang ingin menikmati pantai berpasir putih dan air yang jernih serta privat-privat island seperti di P Lombok, maka tidak salah jika Karimunjawa dapat disebut sebagai Lomboknya P Jawa.
View Home Stay


Sunset di P Karimunjawa

Bersama Hiu
Berenang Bersama Penyu

P. Cemara Kecil
gosong

Snorkeling di P menjangan Besar

Shark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar